Usaha batu kerikil Dasuk Laok


Dasuk laok merupakan desa dengan ketersediaan batu yang cukup melimpah. Hal ini di karenakan kondisi geografis yang memang cukup terjal dengan sebagian terdiri dari batuan keras dan batuan kapur yang tidak rata dan berkelok.

Hal tersebut mampu menggerakkan kreatifitas masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu caranya adalah membuat batu keras menjadi batu kerikil kecil. Walaupun butuh usaha yang tidak mudah, namun kegigihan mereka mampu menghancurkan kerasnya batu untuk penghidupan mereka.

Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah usaha milik pak sukayyib yang ada di dusun barakma. Dengan pekerja yang mencapai 5 orang, tempat ini bekerja setiap hari dari pagi hingga sore. Dengan jatah istirahat pada jam 10 pagi dan jam 2 siang.

Batu yang di pecahkan di tempat usaha ini didapat dengan cara membeli sebesar Rp. 400.000 per truck. Dengan harga jual yang mencapai Rp. 650.000 per truck.



Usaha ini sudah memiliki mesin pemecah batu. Sehingga, pekerja hanya mengangkut batu besar untuk di pecahkan dan hasil pecahannya saja.

Saya harap kedepannya usaha ini akan terus maju dengan menambah pekerja untuk menyerap lebih banyak pekerja lokal. Sehingga desa ini akan lebih sejahtera dan terjamin kehidupan nya.

Previous
Next Post »