Musik Tong Tong Dasuk laok



Musik merupakan sebuah kesenian yang banyak di gemari oleh masyarakat, baik yang tradisonal hingga yang modern. Sehingga tidak heran banyak aliran musik yang berkembang di dunia, Indonesia, dan Madura tak terkecuali di Desa Dasuk Laok.

Di Desa Dasuk Laok juga telah berkembang aliran musik tradisional Madura dengan alat – alat sederhana, dengan dimotori salah satu group musik yang  sudah cukup terkenal di luar pulau Madura. Walaupun alat yang di gunakan cukup sederhana, namun kreatifitas warga Dasuk Laok mampu mengubahnya menjadi musik yang indah. Antusiasme masyarakat Dasuk Laok terhadap lehadiran musik tong-tong ini sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat dari para kawula muda yang ikut berpartisipasi dalam bermain alat musik tong-tong. Bahkan dua di antara pemain alat musik ini adalah anak-anak. 



Nama group musik ini adalah “Paguyuban Group Musik Tongtong Tradisional Madura KARATON MADHURE”.  Group ini didirikan pada hari Selasa tanggal  18 Juli 2017 dengan ketua K. AKHMAD YONO dengan jumlah anggota sebanyak 41 orang dan jumlah pemain musik sebanyak 20 orang. Kemudian selebihannya  adalah penata  dekorasi dan pembina.

Meskipun baru satu tahun lebih terbentuk, group musik ini sudah terkenal keluar Madura. Bahkan group ini pernah juara  2 di Malang. Maka, grup musik ini tidak dapat diragukan lagi kehebatannya. Pada bulan agustus 2018 mendatang, group musik ini akan tampil di DKI Jakarta untuk mengikuti salah satu pertunjukan seni di ibukota. Informasi tersebut  diperoleh dari pengurus Musik Tong-tong di Desa Dasuk Laok.

Previous
Next Post »