Usaha pengolahan Singkong dasuk Laok, dasuk, Sumenep


Menjalani usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, Di desa ini mampu melakukannya. Walaupun termasuk desa yang cukup pelosok, desa ini mampu mengolah bahan mentah untuk mendapatkan penghidupan.

Salah satu contoh jenis usaha yang di tekuni di desa ini adalah keripik singkong. Dimana keripik ini sudah masuk ke berbagai daerah di madura. Lebih dari itu, keripik disini sudah di kirim ke luar pulau madura. Seperti ke pulau jawa. Dengan pengiriman se bagus itu, produksi rumah tangga ini mampu menghidupi pemilik beserta pekerjanya.

Proses menghasilkan kripik singkong tersebut di awali dari pencarian bahan utama yaitu singkong. Di kupas bersih, lalu di cuci hingga di potong tipis menyerong. Setelah di cuci bersih, singkong di rendam dengan air bersih selama 2 hari. Tujuan perendaman di sini adalah untuk menghilangkan kandungan sagu di dalam singkong. Setelah melewati perendaman, singkong lantas di rebus. Setelah dirasa cukup, singkong di jemur hingga mengering. Setelah cukup kering, barulah singkong di goreng dan kemudian di beri bumbu dan rasa. Dimana selanjutnya di packing.

Usaha rumah tangga ini beragam penjualannya, ada yang menjual nya kering selepas di jemur, ada pula yang di jual setelah di packing dan di beri bumbu dan rasa tentunya.



Salah satu rumah usaha yang kami kunjungi adalah rumah usaha Maju sejahtera. Yang telah berdir sejak tahun 2004 di dusun Barakma. Rumah usaha ini sudah mampu mengemas produk nya sendiri. Dimana di jual dengan harga Rp. 4.000. Rumah usaha ini sudah memiliki langganan tetap. Sehingga pemasaran untuk produk ini tidak susah.

Usaha ini sudah cukup bagus dan sudah menghidupi warga disana. Namun, kami harap kedepannya usaha ini dapat lebih berkembang dan menyerap tenaga kerja lebih banyaka serta distribusi yang lebih luas.
Oldest